Introduction of Fashion: 01 March 2016

Week two !

Pada tanggal 1 Maret 2016 merupakan minggu kedua di kelas Introduction of Fashion, akan tetapi Ms. Ayu berhalangan hadir pada hari tersebut, dan Ms. Vania yang memberikan sesi perkuliahan. Ms. Vania menyampaikan materi yang berjudul "OPPORTUNITIES IN THE FASHION AND CREATIVE INDUSTRY", yang dimaksudkan adalah di Industri kreatif ini banyak sekali kesempatan yang dapat ditemukan, didunia ini memiliki ruang lingkup yang sangat luas cakupannya, atau dapat dinamakan "Job Scoops". Dalam dunia Fashion atau Mode, kebanyakan orang mengira pekerjaan di industri kreatif ini sangatlah terbatas sebagai contoh dan yang sangat tidak asing adalah menjadi seorang designer yaitu seseorang yang pekerjaanya merancang busana. Namun ternyata pemikiran tersebut kurang tepat, mengapa demikian?
karena, Banyak sekali opportunities yang terlampir pada saat seseorang mulai bekerja di industri kreatif ini (Fashion), tidak hanya sebatas menjadi fashion designer. Tercatat GDP atau Gross Domestic Product sebesar 46% yang dimana kontribusi di sektor Fashion atau industri kreatif ini terbilang cukup besar setelah bidang culinary di negara tercinta ini, Indonesia.
Selain itu, Beliau mengajarkan materi tentang Three Suply Chain yang terdapat di Fashion Industry yaitu
Vertical Growth, Horizontal Growth & Diagonal Growth. 
Yang terpenting kami diajarkan mengenai "Bagaimana untuk menjadi Fashion Entrepreuner?" cara untuk berbisnis di bidang ini. Banyak sekali cabang yang dapat dikembangkan, antara lain:
Fashion  and textile design -->  Fashion & Trend Forecaster , Textile Designers, Fashion Illustrators, Fashion Makers and Cutters.


Manufacturing and Distribution --> Production Manager & Distribution Team
Fashion Sales and Marketing --> Fashion Editors, Fashion Photographer, Journalist, Graphic Designer, Fashion Retails, Fashion or  Visual Merchandisers, Retail or Brand Managers, Fashion Industry Pathways, Fabric Technologists, Fabric Event Organizer, Fashion Industry Boundaries, Beauty , Hair , and MakeUp Artist, Models , and Model Agents, Fashion Software or Web Designer, ETC.
Tentunya setelah melihat tulisan diatas, ruang lingkup didunia kreatif ini sangatlah besar bukan ? tidak hanya sebatas menjadi perancang busana saja! Pada sesi kelas ini, banyak sekali pembelajaran yang menarik, mulai dari materi yang disampaikan hingga tugas yang diberikan. Selanjutnya adalah sesi presentasi yang dimana kelompok saya kedapatan maju pada hari tersebut. Beberapa tim yang maju dan mempresentasikan Fashion Icons yang dipilih ialah (1) Dolce & Gabbana, (2) Anne Avantie, (3) POLO by Ralph Lauren, dan yang terakhir  (4) Barbie - Ruth Handler. Cukup menarik dan membuka wawasan tentang Fashion-fashion icons tersebut dari fashion icon local hingga fashion icon dunia. Presentasi kelompok berjalan sangat lancar dan seusai presentasi kami sekelompok merasa sangat lega telah menuntaskan tugas dengan baik ! 

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Copyright 2016

josephinevalencia.blogspot.co.id

powered by
Socialbar