Creative Insight : REFLEKSI 10 September 2015

KAMIS LAGI!

Observation and Creativity adalah tema pembelajaran yang disampaikan oleh Pak Nur pada pagi hari ini, apa yang dimaksud dengan observation and creativity itu ?
Maksudnya adalah tindakan mengamati dan sekaligus melihat. "You can observe a lot by watching - Yogi"

Kunci Observation & Creativity :
 see opportunities  see things
    is the key to innovation
      a key to learning
        a skill we have but we don't use it enough

Observasi sendiri berarti tindakan memperhatikan sesuatu atau memberi penilaian dari sesuatu yang terlihat. Mengapa harus observasi ? Karena melakukan pengamatan kita dapat mengetahui perbedaannya tentunya dilandasi oleh niat, berusaha untuk mengingat dan mencoba untuk memahami. Yang diamati antara lain adalah orang (individu, kelompok, dan komunitas), karakteristik, interaksi, perilaku, rutinitas, reaksi, bangunan, bentuk, keadaan lingkungan, artefak dll.

Terdapat Quotes yang mengatakan "Creativity has much to do with experience, observation and imagination, and if anyone of those key elements is missing, It doesn't work by Bob Dylan.
jadi tentu saja kita harus memiliki pengalaman yang cukup, melakukan pengamatan dan tentunya berimajinasi !

Pak Nur juga menjelaskan dan menyampaikan beberapa tips-tips Bagaimana untuk jadi pengamat yang lebih baik, secara garis besar kita harus perhatikan, tulis segala sesuatu yang di amati (rangkum), usahakan untuk jangan ketinggalan berita, tentunya harus berlatih cara untuk merespon informasi, membuat kesimpulan namun jangan terburu-buru (pengaruh persepsi).

Terdapat dua jenis observasi :
- observasi kualitatif lebih menggunakan panca indra, mendeskripsikan dengan kata sifat
  - observasi kuantitatif dengan alat ukur, angka-angka.

Demikian Kelas ditutup dengan tugas untuk melakukan observasi dilingkungan lalu foto objek tersebut, tidak sesimpel itu saya harus berpikir sesuatu yang kreatif berdasarkan apa yang saya amati pada sebuah produk yang terkait tentunya dengan fashion yang kemudian saya tuangkan dalam bentuk design ;)

Berikut Ulasan tentang observasi saya beserta design yang saya rancang, Setelah mengamati, saya memutuskan untuk mengambil foto teman saya untuk saya abadikan dan tuangkan kedalam karya saya.

Foto teman saya yang menjadi inspirasi atau sasaran objek observasi design


Berikut adalah design yang saya buat berdasar observasi atau pengamatan yang telah saya lakukan (Foto diatas) :



AN IDEAS 

~

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Copyright 2016

josephinevalencia.blogspot.co.id

powered by
Socialbar